web counter
Buka jam 09.00 s/d jam 17.00 | Sabtu jam 09.00 s/d jam 12.00 | Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Gerhana Matahari Total 2016 Inilah yang Akan Terjadi

Gerhana Matahari Total 2016 Inilah yang Akan Terjadi

Diposting pada 15 Februari 2016 oleh Mimin
Gerhana Matahari Total 2016

Gerhana Matahari Total 2016 – Sumber: www.space.com

Sebelum kita menuju pokok pembahasan “Hal yang Akan Terjadi Ketika Terjadi Gerhana Matahari Total 2016“, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu gerhana matahari total dan kapan tepatnya terjadi gerhana matahari total 2016 (GMT 2016) itu terjadi. Gerhana matahari total tahun 2016 menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan terjadi pada tanggal 9 Maret. Gerhana matahari total 2016 tersebut akan bisa disaksikan dengan jelas di 12 Provinsi di Indonesia yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah, serta Maluku Utara. Selain 12 Provinsi tersebut, Provinsi lainnya dapat juga melihat gerhana namun yang dapat dilihat adalah gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari total ini sangat istimewa untuk Indonesia karena GMT 2016 ini hanya bisa dilihat secara sempurna di daratan Indonesia. Selebihnya, GMT 2016 ini hanya bisa dilihat di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Wilayah yang dilintasi Gerhana Matahari Total 2016

Wilayah yang dilintasi Gerhana Matahari Total 2016 dengan sempurna ditunjukkan dengan titik hitam

Gerhana matahari total seperti ini sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada tahun 1983, 1988, dan 1995. Setelah 2016, gerhana matahari total akan terjadi lagi di Indonesia pada tahun 2023.

Untuk wilayah Indonesia sendiri gerhana matahari total 2016 akan terjadi pukul 07.20WIB pada wilayah Indonesia bagian barat, pukul 08.35WITA pada wilayah Indonesia bagian tengah, dan pukul 09.50WIT pada wilayah Indonesia bagian timur. Gerhana matahari total yang terjadi pada 9 Maret 2016 ini akan berlangsung selama 1,5 sampai 3 menit.

 

Hal yang Akan Terjadi Ketika Terjadi Gerhana Matahari Total 2016

Bayangkan ini: Di hari yang cerah dan terang benderang, Anda sedang melakukan aktivitas seperti biasa. Beberapa waktu kemudian Anda menyadari walaupun hari sangat cerah tiba-tiba suasana menjadi seperti mendung. Seperti akan ada hujan. Namun tak lama setelah itu suasana tak hanya seperti akan ada hujan, melainkan menjadi seperti akan ada badai besar yang datang. Kemudian dalam sekejap tiba-tiba “Degg!!” jantung Anda akan berdegap kencang karena semuanya menjadi gelap. Anda tidak bisa melihat apa pun.

Bintang yang biasanya terlihat di siang hari akan nampak. Bukan hanya bintang yang biasa kita lihat di kota, namun bintang yang lebih banyak dari biasanya. Hal itu karena tidak adanya polusi cahaya (cahaya yang timbul dari lampu-lampu perkotaan) karena lampu pada siang hari umumnya dimatikan.

Burung-burung akan kebingungan dan bergegas menuju sarang untuk tidur. Serangga-serangga malam mulai bersuara.

Di sepanjang horizon akan nampak cahaya kuning-jingga seperti halnya matahari terbenam namun terasa aneh. Sementara itu di langit dimana seharusnya matahari berada nampak piringan raksasa berwarna hitam gelap yang dikelilingi cincin yang bersinar.

Setelah itu tiba-tiba langit kembali terang. Bintang-bintang kembali menghilang, burung-burung kembali bangun, serangga malam berhenti bersuara, dan matahari kembali muncul. Hal yang baru saja Anda alami adalah gerhana matahari total.

Bukan tidak mungkin pengalaman seperti itu akan Anda alami pada gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016 nanti. Persiapkan diri Anda dan bekali dengan peralatan yang mumpuni agar bisa menikmati proses gerhana matahari dari awal hingga selesai. Karena tanpa alat berupa filter matahari, sinar matahari akan merusak mata Anda jika dilihat secara langsung dalam waktu yang lama.

Puncak gerhana matahari total memang bisa dilihat dengan mata biasa, namun untuk keamanan lebih sebaiknya lengkapi diri Anda dengan kacamata khusus agar Anda bisa menikmati gerhana matahari dengan aman dan nyaman.

Kacamata Gerhana Matahari

Kacamata Gerhana Matahari

Kacamata gerhana matahari seperti di atas bisa Anda dapatkan di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, FJB Kaskus, dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel mengenai hal yang akan terjadi ketika terjadi gerhana matahari total 2016, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Bagikan informasi tentang Gerhana Matahari Total 2016 Inilah yang Akan Terjadi kepada teman atau kerabat Anda.

Gerhana Matahari Total 2016 Inilah yang Akan Terjadi | Toko Teropong Bintang | Review, Spesifikasi, dan Harga Jual Teropong Bintang Teleskop Original, Termurah, dan Bergaransi

2 komentar untuk Gerhana Matahari Total 2016 Inilah yang Akan Terjadi

  • ilhammeth berkata:

    Seusia 50tahunan lebih saat ini, pernah mengalami suasana GMT di jakarta, tepatnya di Cibubur th 1983. Saat itu masyarakat masih kuno, hampir kebanyakan kurang menanggapi fenomena alam yg luar biasa. Sekarang saya memburunya ingin mengulang di Koba. Bangka Belitung. 9 maret 2016. Lintasan GMT 2 menit lebih…..serasa dekat kepadaMU ya Allah.

    • admin berkata:

      Luar biasa pengalamannya Pak. Katanya pada saat itu masyarakat dilarang untuk melihat gerhana oleh pemerintah. Apakah betul?

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan